Pertunjukan Ujian Akhir Semester Mata Kuliah “Musik Iringan Tari” dan “Praktek Musik Tradisi”

Pertunjukan Ujian Akhir Semester Mata Kuliah “Musik Iringan Tari” dan “Praktek Musik Tradisi”

Mahasiswa Departemen Sendratasik FBS UNP angkatan 2021 dan 2022 mengadakan sebuah acara sederhana mengenai Ujian Akhir Semester yang dilakukan secara gabungan. Judul dari ujian ini yaitu “BALATIAH – TALATIAH “ yang diangkat dari sebuah tema  “KALAU TUAH  ADO DIBADAN  PASIA  DITANGAN  MENJADI  INTAN” di mana makna dari tema ini yaitu mengibaratkan dan menggambarkan motivasi dalam berproses di mana sebagian besar dari pemusik itu sendiri memiliki basic yang berbeda-beda. Mereka ada yang dari penari ,ada yang basicnya musik, dan ada yang dari teater, namun mereka berpegang teguh pada keyakinan mereka untuk berproses sehingga dari perbedaan-perbedaan tersebut terciptalah sebuah kesatuan sehingga musik tersebut dimainkan dengan harmoni dan teratur. Karena kesuksesan bukan milik yang bisa melainkan orang yang ingin belajar.

Acara ini dilaksanakan pada hari  Kamis,14.00 di gedung baru lantai 5  Fakultas Bahasa dan Seni. Kegiatan ini didukung oleh Kepala Departemen yaitu Bapak Dr. Syeilendra, S. Kar, M. Hum serta Pembina mata kuliah Musik Iringan Tari Dan Praktik Musik Tradisi Minangkabau yaitu Bapak Uswatul Hakim M.Pd

Selain bertujuan untuk pemenuhan nilai, kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan musik tradisional  di Minangkabau kepada masyarakat atau orang-orang yang belum mengenal lebih jauh mengenai adat atau macam-macam dari musik yang ada di Minangkabau. Kegiatan ini pun didukung oleh Bapak Jonai Juanda S.pd Dan Bng Mamek sebagai pihak yang sudah bersedia dan meluangkan waktunya dalam segala hal baik dari persiapan kamera maupun sound untuk unsur pendukung dalam kegiatan ini.

Adapun rentetan acara yang terlaksana yaitu yang pertama kata sambutan dari kepala Departemen Sendra Tasik Bapak Syailendra kata sambutan dari Pembina mata kuliah musik iringan tari dan musik tradisional Minangkabau Bapak Uswatul Hakim serta pelaksanaan ujian yang ditampilkan oleh angkatan 2021 dan 2022 di mana angkatan 2021 khususnya kelas E untuk semester genap  2023 2024 yaitu berupa penampilan Tari pasambahan dan musik iringan tari Pasambahan serta Tari Rantak dan musik iringan tari sedangkan penampilan dari angkatan 2022 kelas E tahun 2023 2024 yaitu berupa penampilan musik iringan tradisional Minangkabau yang di kreasikan dengan sebuah lagu berdasarkan proses kreatif masing-masing kelompok dari kelas tersebut dari kelas tersebut.

Kata Sambutan Dari Kepala Departemen Bapak Dr. Syeilendra, S. Kar, M. Hum

Penampilan Tari Pasambahaan Musik Iringan Tari Angkatan 2021

Penampilan Musik Tradisi Minagkabau Dengan Lagu Mudiak Arau Angkatan 2022

Penampilan Musik tradisi minangkabau dengan lagu Baju Kurung Angkatan 2022

 

Foto Bersama Kelas Musik Iringan Tari Angkatan 2021

Foto Bersama Kelas Musik Tradisi Minangkabau Angkatan 2022

Rangkaian kegiatan ini pun ditutup melalui proses evaluasi yang disampaikan oleh Bapak Uswatul Hakim M.Pd namun tidak dipungkiri ke depannya akan kembali hadir proses-proses kreatif dari masing-masing angkatan 2021 dan 2022 jadi Hal ini sangat berguna bagi teman-teman agar teman-teman memiliki keberanian untuk terus berlatih  dan tidak takut terhadap apa yang belum pernah kita kuasai. [UH]

 

Hengki Armez Hidayat

Dosen Tetap Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *