Kunjungan Kebudayaan USIM ke UNP: Mempererat Tali Persahabatan Seni dan Budaya Antara Malaysia dan Indonesia

Kunjungan Kebudayaan USIM ke UNP: Mempererat Tali Persahabatan Seni dan Budaya Antara Malaysia dan Indonesia

Senin, 18 September 2023 – En Ismail Ahmed sebagai Pengarah Pusat Kebudayaan USIM (Ketua Delegasi Mewakili Timbalan Naib Canselor USIM), bersama 3 Orang Dosen dan 30 orang Mahasiwa USIM melaksanakan implementasi kerja sama dengan “Program Lawatan Kecemerlangan Seni Budaya Nusantara” dan Seminar di Departemen Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Kegiatan dalam bentuk seminar dan bengkel seni pertunjukan tersebut dilaksanakan di Auditorium Kampus FBS UNP Air Tawar.

Kegiatan pada program lawatan ini diawali dengan melagukan lagu “Indonesia Raya”, pembacaan doa serta disambut dengan “Tari Pasambahan” Departemen Sendrtasik FBS UNP dan dibuka dengan sambutan dari Dekan FBS UNP, kemudian Ketua Delegasi Mewakili Timbalan Naib Canselor USIM. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan selamat datang atas Implementasi kerja sama delegasi Pusat Kebudayaan USIM Malaysia yakni Encik Ismail Ahmed (Ketua Delegasi Mewakili Timbalan Naib Canselor USIM), Encik Mohamad Akmal Razali, Timbalan Pengarah Pusat Kebudayaan USIM, Puan Arohiyah Abdullah, Ketua Unit Pengurusan Persembahan Seni, Pusat Kebudayaan USIM, Encik Muhamad Mursyid Hairudin Pegawai Kebudayaan USIM, dan mahasiswa USIM Malaysia.

Program Lawatan Pusat Kebudayaan USIM di FBS Universitas Negeri Padang ini juga melakukan seminar dengan pemakalah dari USIM yakni Encik Ismail Ahmed Pengarah Pusat Kebudayaan USIM) dengan Judul makalah “Rekontruksi Persepsi: Seni Membangunkan Intelektualiti Insan” dan Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. (Kepala Departemen Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang) dengan judul makalah “Seni Tradisi sebagai Pakaian Budaya Lokal di Minangkabau”.

Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan Dialog Kebudayaan dan Kesenian Malaysia dan Indonesia dengan tema “Kesenian Serantau: Memartabatkan Seni Budaya Tradisional Di Kalangan Generasi Baharu”. Pada sesi dialog antar mahasiswa ini dari diwakilkan oleh tiga orang mahasiswa   berprestasi Departemen Sendratasik FBS UNP yaitunya, Sonya Putri Effendi, Fuji Kinanti Ramadhani dan Dendi Chairi. Sedangkan dari USIM diwakilkan oleh mahasiswa berprestasi, yaitunya Amir Hamizan Bin Abdul Razak, Najmi Adli Bin Mustaffa, dan Muhd Fikri Bin Hairulazmy. Dialog berjalan dengan seru dan alot sehingga kedua tim diskusi saling berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara mereka serta seluruh mahasiswa Departemen yang hadir pada kesempatan itu menjadi sangat antusias.

Sore harinya kegiatan ditutup dengan pertunjukan dari kedua instansi, USIM dan UNP dalam kesempatan ini yaitunya Departemen Sendratasik FBS UNP. Adapun pertunjukan yg disuguhkan yaitu “Tari Payung” yang dipersembahkan oleh Tim Kesenian Departemen Sendratasik FBS UNP. Kemudian dilanjutkan pertunjukan dari mahasiswa USIM dengan urutan sajian yaitunya; musikalisasi puisi, persembahan perkusi, nyanyian tradisional Malaisya dan diakhiri dengan Medley “Dikir Barat” yang juga diikuti dengan meriah oleh semua peserta yang hadir dalam kegiatan lawatan tersebut. [MF & HAH]

 

Hengki Armez Hidayat

Dosen Tetap Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *